• 1976

PT. Pahala Kencana Transportasi didirikan dan dimiliki oleh Keluarga Hendro Tedjokusumo (HT) di kota Kudus, Jawa Tengah pada tahun 1976. Awalnya perusahaan ini hanya bergerak di bidang usaha inti, transportasi Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan melayani sejumlah trayek dan rute yaitu; Kudus-Jakarta Pergi Pulang (PP) dan Solo-Jakarta PP. Seiring perjalanan waktu, bisnis semakin berkembang, trayek dan rute yang dilayani pun semakin luas hingga ke beberapa kota besar dan kecil di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Sumatera.

 

  • 1993

Pada tahun 1993, PT. Pahala Kencana Transportasi mengembangkan usaha di bidang Jasa Titipan Pahala Kencana yang melayani pengiriman barang dengan kota tujuan sesuai trayek dan rute operasi Bus AKAP, dengan mengoptimalkan sisa ruang bagasi penumpang, serta menambah dengan mengoperasikan sedikit kendaraan kecil sebagai moda antar kiriman barang. Pada akhirnya unit usaha yang dirintis ini mampu berdiri dan memiliki brand tersendiri  dengan nama PT. Pahala Express (PEX).

 

  • 1993

Pada tahun yang sama, PT. Pahala Kencana Transportasi juga mendirikan usaha di bidang Biro Perjalanan Wisata dengan nama PT. BPW Pahala Kencana yang kemudian lebih dikenal dengan nama bisnis Pahala Tours & Travel, yang melayani penyelenggaraan perjalanan wisata, ticketing baik Domestik maupun International, dan MICE.

 

Seat-29

Seat-64

01

Seat-59

 

  • 1997

Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1997, PT. Pahala Kencana Transportasi memasuki unit usaha transportasi dalam kota dengan mengoperasikan sejumlah armada Bus Kota, yang melayani beberapa trayek dan rute padat di wilayah DKI Jakarta.

 

  • 2000

Usaha kian berkembang, hingga pada tahun 2000 PT. Pahala Kencana Transportasi mulai merambah unit usaha baru yaitu transportasi angkutan Pariwisata yang meliputi penyediaan Bus Pariwisata dan kendaraan sewa, dengan brand NIRWANA Luxury Tourist Bus. Pada tahun ini juga Kantor Pusat PT. Pahala Kencana Transportasi berpindah dari kota asalnya di Kudus ke Kota Jakarta.

 

  • 2004

Seiring dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta tentang penataan ulang sistem transportasi dalam kota Jakarta, berdampak pula pada PT. Pahala Kencana Transportasi yang akhirnya ikut serta dalam Program Transportasi Busway.

 

  • 2005

Sedangkan pada tahun 2005, atas dampak tarif murah pada bisnis penerbangan di Indonesia menjadikan tantangan baru, dan mendorong PT. Pahala Kencana Transportasi terus mengembangkan usaha penjualan tiket pesawat udara yang berkonsentrasi pada penjualan tiket penerbangan dengan tarif murah dengan mendirikan unit usaha PT. Nata Tours & Travel.